Kitab Fathul
Qorib Bab Jual Beli
كتاب البيوع وغيرها من
البيوع ثلاثة أشياء: عين مشاهدة فجائز، وبيع شيء موصوف في
الذمة فجائز إذا وجدت الصفة على ما وصف به، وبيع غائبة لم تشاهد فلا يجوز. ويصح بيع
كل طاهر منتفع به مملوك، ولا يصح بيع عين نجسة، ولا ما لا منفعة فيه.
Artinya: Jual beli itu ada tiga macam: (a) Jual beli benda
yang kelihatan di depan penjual dan pembeli, maka hukumnya adalah boleh. (b) Jual
beli benda yang disebutkan sifatnya saja dalam janji (tanggungan) maka hukumnya
adalah boleh jika didapati sifat tersebut sesuai dengan apa yang telah
disebutkan; (c) Jual beli benda yang tidak ada serta tidak dapat dilihat, maka
tidak boleh (tidak sah). Dan sah menjual setiap benda suci yang bisa diambil
manfaatnya serta dapat dimiliki. Dan tidak sah menjual benda najis dan benda
yang tak ada manfaatnya.
BAB RIBA
(فصل) والربا في الذهب والفضة والمطعومات ولا يجوز بيع الذهب بالذهب
والفضة كذلك إلا متماثلا نقدا ولا بيع ما ابتاعه حتى يقبضه ولا بيع اللحم بالحيوان
ويجوز بيع الذهب والفضة متفاضلا نقدا وكذلك المطعومات لا يجوز بيع الجنس منها بمثله
إلا متماثلا نقدا ويجوز بيع الجنس منها بغيره متفاضلا نقدا ولا يجوز بيع الغرر.
Riba itu berlaku pada emas, perak dan makanan.
Tidak boleh jual beli (bukan menukar) emas dengan emas,
begitu juga perak denan perak kecuali kalau sepadan berat timbangannya serta
kontan. Tidak boleh menjual benda yang telah dibelinya sehingga benda itu dipegangnya
(ada pada tangan yang hendak menjaul itu). Tidak boleh menjual (menukar) daging
dengan hewan. Boleh menjual (menukar) emas dengan perak tidak sebanding
beratnya asal kontan. Begitu juga makanan, tidak boleh menjual (menukar) satu
jenis yang semacam kecuali sebanding (ukuran atau takarannya) dan kontan. Boleh
menjual (menukar) satu jenis daripada makanan itu dengan (jenis makanan)
lainnya yang tidak sebanding asal kontan. Tidak boleh menjual barang yang tidak
terang (gharar).
PASAL AKAD SALAM
(فصل) ويصح السلم حالا ومؤجلا فيما تكامل فيه خمس شرائط أن يكون
مضبوطا بالصفة وأن يكون جنسا لم يختلط به غيره ولم تدخله النار لإحالته وأن لا يكون
معينا ولا من معين
ثم لصحة السلم فيه ثمانية شرائط وهو أن يصفه بعد ذكر جنسه ونوعه
بالصفات التي يختلف بها الثمن وأن يذكر قدره بما ينفي الجهالة عنه وإن كان مؤجلا ذكر
وقت محله وأن يكون موجودا عند الاستحقاق في الغالب وأن يذكر موضع قبضه وأن يكون الثمن
معلوما وأن يتقابضا قبل التفرق وأن يكون عقد السلم ناجزا لا يدخله خيار الشرط.
Akad salam (pemesanan) itu sah baik barang diterima secara
langsung dan barang yang tidak diterima langsung (yaitu pemesanan) akan
barang-barang yang sempurna terpenuhi di dalamnya lima syarat (yakni): (1)
Barang itu dapat dipastikan keadaannya dengan sifat; (2) Barang itu adalah
sejenis barang yang tidak bercampur aduk dengan jenis-jenis lainnya. (3) Barang
itu tidak terkena api untuk (maksud) diubahnya dan keadaan mentah menjadi
masak: artinya tidak dimasak. (4) Barang itu bukan yang ditentukan (ditunjuk).
(5) Barang itu bukan juga sebagian dari barang-barang yang ditentukan
(ditunjuk).
Untuk menjadi sahnya barang yang dipesan itu ada 8 (delapan)
syarat yaitu: (1) Barang yang dipesan hendaklah menyifati barang itu setelah
menyebutkan jenis dan macamnya dengan sifat-sifat yang (dapat) membedakan harga
barang itu dari yang lain. (2) Haruslah menyebutkan kadar ukuran atau
takarannya dengan keterangan yang (dapat) menghilangkan ketidakmengertian
tentang barang itu. (3) Kalau pesanan itu barang yang tidak diterima langsung,
maka yang dipesan harus menyebutkan waktu penerimaannya. (4) Barang itu pada
umumnya harus ada pada waktu yang dijanjikan. (5) Yang dipesani harus
menyebutkan tempat serah terima barang pesanan itu. (6) Haruslah harganya sudah
diketahui. (7) (Pemesan kepada yang dipesani) harus membayar harga barang
pesanan tersebut sebelum berpisah. (8) Akad pemesanan (akad salam) itu harus
terus jadi, tidak boleh dimasuki khiyar bersyarat.
BAB GADAI
(فصل) وكل ما جاز بيعه جاز رهنه في الديون إذا استقر ثبوتها في
الذمة وللراهن الرجوع فيه ما لم يقبضه ولا يضمنه المرتهن إلا بالتعدي وإذا قبض بعض
الحق لم يخرج شيء من الرهن حتى يقضى جميعه.
Setiap sesuatu yang boleh dijual boleh pula digadaikan untuk
keperluan hutang piutang. Jika tetap hutang piutang itu menjadi tanggungan (se
pigadai). Bagi si pegadai boleh mengurungkan gadaiannya selagi barangnya belum
diterima oleh penerima gadaian.
Penerima gadaian tidak (harus) mengganti barang gadaian itu
kecuali kalau ia melanggar (tidak menepati amanah). Dan jika penerima gadaian
masih menerima sebagian haknya (uang penebusan) belumlah persoalan gadaian itu
terlepas (beres) sehingga si pegadai memenuhi semua hak penerima gadaian itu
(semua uang penebusnya).
PASAL LARANGAN
MEMBELANJAKAN UANG (AL HAJR)
(فصل) والحجر على ستة الصبي والمجنون والسفيه المبذر لماله والمفلس
الذي ارتكبته الديون والمريض فيما زاد على الثلث والعبد الذي لم يؤذن له في التجارة
وتصرف الصبي والمجنون والسفيه غير صحيح وتصرف المفلس يصح في ذمته دون أعيان ماله وتصرف
المريض فيما زاد على الثلث موقوف على إجازة الورثة من بعده وتصرف العبد يكون في ذمته
يتبع به إذا عتق.
Larangan memebelanjakan uang hanyalah dilakukan terhadap 6
(enam) orang yaitu: (1) Anak-anak; (2) Orang gila; (3) Orang bodoh yang
memubadzirkan urangnya (memboroskan uang semaunya). (4) Orang pailit (bangkrut)
yang menanggung banyak hutang. (5) Orang sakit (yang mengkhawatirkan) dalam hal
berwasiat menyedekahkan lebih dari sepertiga hartanya. (6) Hamba sahaya atau
budak yang tidak diijinkan berdagang oleh tuannya.
(a) Pembelanjaan oleh anak-anak, orang gila dan orang safih
adalah tidak sah. (b) Pembelanjaan oleh orang pailit adalah sah atas tanggungannya
sendiri (asal) bukan pembelanjaan harta yang sedang diawasi. (c) Pembelanjaan
orang sakit dalam jumlah lebih besar dari sepertiga hartanya adalah diserahkan
atas ijin ahli warisnya sesudah ia wafat. (d) Pembelanjaan budak (tanpa seijin
tuannya) adalah tidak sah dan segala akibatnya menjadi tanggung jawab sendiri,
(artinya) bahwa ia dituntut sendiri sesudah merdeka jika dalam pembelanjaannya
tadi merusak sesuatu.
No comments:
Post a Comment